Kamis, 13 Oktober 2011

hari batik

Hari Batik
Ibu Negara Kunjungi Pekalongan Pagi Ini

Ester Meryana Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta rombongan akan melakukan sejumlah rangkaian acara dalam memperingati Hari Batik Nasional, di Lapangan Jetayu, Pekalongan, Senin (3/10/2011) pagi.

PEKALONGAN, KOMPAS.com — Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta rombongan, Senin (3/10/2011) pagi ini, bertolak dari Jakarta menuju Pekalongan. Kunjungannya ke Kota Batik ini dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada Minggu (2/10/2011).
Dalam rombongan turut serta Herawati Boediono selaku Istri Wakil Presiden, Armida Alisjahbana selaku Kepala Bappenas/Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.
Rencananya, pusat peringatan hari kain yang telah diakui oleh UNESCO sebagai The Intangible Cultural Heritage pada 2 Oktober 2009 akan dilakukan di Lapangan Jetayu, Pekalongan, pagi ini.
Sejumlah persiapan telah dilakukan dalam memperingati Hari Batik Nasional ini. Sejumlah becak dengan cat bermotifkan batik juga telah berjejer di dekat lapangan. Katanya, Ibu Presiden direncanakan akan naik becak ini. Lapangan pun telah dihiasi oleh tenda dan stan-stan. Stan tersebut berada di sekeliling lapangan yang diisi dengan berbagai jualan makanan dan minuman.
Terkait dengan peringatan Hari Batik Nasional, Kementerian Perdagangan baru saja menyerahkan Cetak Biru Pelestarian dan Pengembangan Batik Nasional kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (28/9/2011), dalam  World Batik Summit di Jakarta.
"Salah satu bagian dari cetak biru batik adalah peningkatan kemampuan pemenuhan input produksinya, antara lain jumlah usaha industri hulu harus ditingkatkan," ujar Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di Jakarta, Selasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar